Minggu, 12 April 2009

Si Unyil



Gambar Unyil masa sekarang dan dulu.


Cerita Si Unyil ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama) bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".


Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata "Hom-pim-pah alaiyum gambreng!" sampai tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Pak Ogah dan kalimat seperti "Cepek dulu dong!"

Namun cerita unyil kini telah dikemas menjadi tayangan yang lebih menyesuaikan dengan zaman sekarang. Pada saat ini Si Unyil kembali lagi dengan acara Laptop Siunyil. Pada tayangan ini juga ada penyusaian dengan keadaan sekarang, Seperti ucapan Pak Ogah, yang dulu "Cepek dulu dong" kini jadi "Gopek dulu dong".

Laptop Si Unyil pertama kali tayang di Trans 7 pada tanggal 19 Maret 2007 setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 WIB. Acara ini menceritakan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Didalam tayangan ini Si Unyil akan bertindak sebagai seorang pengamat yang akan bertutur dan bercerita kepada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas setiap episodenya. Si Unyil sendiri biasanya akan aktratif di dalam setiap tayangannya entah itu peci-nya yang jatuh, atau unyil terjepit diantara "barang2".

Selain itu dalam tayangan laptop si unyil ada segmen animasi yang bertutur melalui bentuk tayangan kartun serta ada seorang Ipat, satu-satunya anak yang bisa berkomunikasi serta berinteraksi dengan Si Unyil.

Namun Unyil tidak meninggalkan teman-temannya dahulu seperti Usro atau Melani. Makanya dalam tayangan Laptop Si Unyil masih menampilkan sesi panggung yang menceritakan interaksi Unyil dengan kawan-kawannya serta tokoh lainnya seperti Pak Ogah dan Pak Raden.

Sebelum keberhasilan tayangan Laptop Si Unyil Seperti saat ini,PPFN dengan bantuan Helmy Yahya pada tahun 2001,telah mencoba mengangkat cerita Si Unyil kembali. Namun, Dengan meninggalkan atribut lama dan memakai atribut baru agar sesuai dengan jamannya, akan tetapi usaha itu gagal.

Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.

"Berikanlah Comment kepada Blog ini biarkan Penulis Sedikit Dihargai"

3 komentar:

mproot mengatakan...

saya suka banget sama si unyil, acarany gak pernah kelewatan di tran7,......
hidupp unyillll........

www.ebomi.blogspot.com mengatakan...

saya sangat menghargai tulisan anda :)
saya dari jakarta dan kebetulan saya adalah pembuat boneka si unyil, lihat saja blog saya, perlahan saya akan menghidupkan kembali tokoh2 karakter si unyil dkk. terima kasih sudah mencintai dan merindukan si Unyil dkk :)

Budi Susandi mengatakan...

saya harap pemerintah peduli dengan tayangan anak2,sudah saatnya si unyil versi aslinya di munculkan lagi,sekalipun tokoh2 lamanya sudah tiada sebab banyak yg bisa di ambil hikmah dari tontonan si unyil versi lama,mendidik ala bangsa Indonesia...segera!!!

Poskan Komentar