Facebook VS Friendster

Friendster, Ketika mendengar itu mungkin sebagian dari kita langsung mengethaui tentang arti dari kata itu.
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.


Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.



Tampilan Login awal ke Friendster.
Aku sendiri memulai mengenal friendster, sekitar pertengahan 2007.
Awalnya seh aku, bingung. Friendster itu apaan seh..??
Tapi ketika aku melihat Friendster punya temanku, akhirnya aku sedikit demi sedikit mulai mengerti, apa itu friendster.
Lalu aku pun mulai mendalami nya. Pokoknya dulu tu kalo aku ngenet, pasti yang di kerjakan hanya ngedit friendster. Klo sekarang dipikir-pikir seh, semua itu hanya hal yang sia-sia.

Namun, seiring berjalan nya waktu, muncul wabah baru yang hampir sama dengan friendster. Wabah yang aku maksud adalah Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.


Tampilan Login awal untuk ke facebook.

Aku mengenal Facebook belum lama ini, bermula ketika aku mendengar dari televisi. Lalu iseng-iseng aku mencoba membuka situs nya. Untuk proses registrasi Facebook memang lebih cepat di bandingkan Friendster. Untuk tampilan nya mungkin Facebook lebih sederhana, Tapi aku juga tidak tau pasti, karena aku juga belum terlalu mendalaminya. Aku juga masih bingung untuk cara menggunakannya, heheh, jadi malu nech..
Tapi, dari informasi yang aku dengar dariu teman-temanku, salah satu kelebihan Facebook dibandingkan dengan Frienster tu adalah, Facebook memiliki fasilitas untuk mengetahui teman kita yang sedang Online. Selain itu kita juga bisa langsung Chating dengan teman kita yang sedang Online tersebut.
Apalagi ketika aku baru pindah di kantorku yang baru ini. Ternyata sebagian besar karyawan di sini memang lagi demam Facebook. Artinya tiada hari tanpa Facebook.
Tpi, sampai saat ini aku belum terlalu tertarik dengan Facebook.
Hal ini mungkin di karenakan, aku sudah terlalu senang dengan Blog.
Bagi ku Blog lebih memiliki manfaat di bandingkan dengan Facebook atau Friendster.
Itu seh menurut aku, klo menurut kalian,..??
Sebagian dari isi artikel ini aku ambil dari wikipedia


Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
3:33 PM, Maret 03, 2009 delete

Keren juga tulisannya mas...

Reply
avatar